Pages

Saturday, April 1, 2017

TERLAMBAT IKUT UPACARA BENDARA


UPACARA BENDERA

Setiap hari senin pagi di setiap sekolah mengadakan upacara bendera yang harus di ikuti oleh semua murid,guru dan staff, di sekolah itu ada murid sangat rajin bernama rafi, dia sering tidak pernah terlambat dan selalu mengikuti upacara bendera. Namun sesuatu kejadian terjadi pada nya yang membuat dia terlambat mengikuti upacara, sepeda yang dia bawa rodanya kempes jadi rafi harus nyari tempat tambal ban agar sepeda nya bisa di pakai lagi sedangkan upacara bendera dilaksanakan pukul 07:00 sedangkan sepeda rafi selesai di perbaiki pukul 07:15 dan jarak antara tempat tambal ban dan sekolah 10 menit jadi rafi harus menunggu di pintu gerbang sekolah. Siswa yang terlambat dalam mengikuti upacara bendera tidak cuma rafi namun banyak siswa yang tidak mengikuti upacara bendera
dengan alasan – alasan yang bervariasi dari mereka. Mereka semua yang terlambat tidak boleh masuk, mereka berada di luar gerbang sekolah menunggu upacara bendera selesai. Rafi baru pertama kali dalam kehidupan sekolah di sana dia terlambat berangkat dan tidak bisa ikut upacara bendera. Dalam upacara bendera ada juga yang siswa di hukum karena mereka tidak membawa atribut upacara bendera yaitu topi.
Dari siswa yang terlambat datang upacara bendera disana ada salah satu nya ada teman nya rafi nama nya budi dia satu kelas dengan rafi.
“Bud habis ini apa yang terjadi pada kita ?! ” tanya rafi dengan nada kawatir ke budi.
“haha tenang fi tidak di apa-apain kok fi, yaaa paling cuma di suruh jalan jongkok aja kok dari gerbang sini sampai ke ruang aula lalu di kasih pengarahan gitu!...” jawab budi  dengan nada ketawa.
Jarak gerbang sekolah ke ruang aula kira – kira 200 meter itupun jalan nya tidak lurus tapi berkelok kelok.
Dengan agak terdiam  sejenak rafi bilang “wah jauh juga ya bud ... “ jawab rafi dengan nada lesu.
“tenang fi tenang jangan panik...” jawab budi dengan nada menghibur rafi.
“bagaimana bisa tenang kamu sendiri saja kelihatan kawatir” jawab rafi.
“begini fi, hari ini ada Matematika dan Fisika dan semua itu di jam pertama dan kedua dan aku belum mengerjakan PR matematika dan fisika ” jawab budi.
Dengan nada ketawa sambil menepuk bahu budi, rafi menjawab “hahahhahahaha ternyata kamu juga bisa kawatir bud, tenang bud aku sudah mengerjakan PR nya semua,tenang!”.
“cepat gih tulis sebelum upacara bendera nya selesai” kata rafi.
“ok lah fi mana buku pr nya . ” jawab budi.
Degan nada ketawa budi berkata “ hahaha pasti teman – teman yang lain pasti nungguin kamu fi karena kamukan sering nya berangkat pagi kan, kalau ada PR begini teman – teman yang lain rela  berangkat pagi demi buat ngerjain PR ! ”.
Sahut rafi “haha iya bud, ya karena ban sepeda ku  bocor, kalau tidak bocor pasti aku tidak terlambat bud...”.
“hahaha gak papa rif mungkin ini sudah takdir hahaha bagi ku di pertemukan dengan kamu hahaha” jawab budi dengan nada bercanda.
“iya bud benar lihat di barisan kelas kita, sepertinya semua murid ikut upacara bendera semua. Yang tidak ikut Cuma  kita bud,  biasa nya  sedikit bud yang ikut upacara kebanyakan terlambat ” jawab rafi.
Upacara hampir selesai dan budi baru selesai di matematika dan masih ada PR satu lagi.
“cepat bud yang nulis nya upacara mau selesai ini ... ” kata rafi.
“iya fi iya ini juga aku nulis nya dengan kecepatan turbo ini hahaha” jawab budi.
Pas upacara selesai dan di detik itu budi menyelesaikan PR nya, pak guru BP datang menghampiri mereka yang tertahan di pintu gerbang sekolah.
“halo anak-anak semua baris, kalian tahu kan akibat nya apabila kalian terlambat” sapa pak guru BP.
“tahu pak !” sahut murid – murid dengan nda keras.
“duh bud pelatihan militer ini akan dimulai kita harus siap ! “kata rafi.
Dengan gerakan pelan budi lihat ke arah rafi , “waduuuuuuuuh kamu ngapin fi loncat-loncat kayak senam aja kamu ini, biasa saja. Ini cuma jalan jongkok, sampai ke aula semua sudah selesai”.
“aku pemanasan bud biar kaki ku tidak kram ini ! ”jawab rafi.
Perjalanan menuju ke aula dimulai, “ayo anak – anak jalan jongkok tiga – tiga ke belakang !” kata guru BP.
Saat itu sinar matahari tidak seperti  biasannya membuat keringat rafi keluar semua. Sampai di aula rafi langsung ter

sambil meng hela napas kata rafi“kapok aku bud tidak mau lagi terlambat aku bud kapok !”.
“iya fi iya aku juga kapok, ini tidak seperti biasa nya fi “ sahut budi dengan nada lemas juga.
gletak lemas,
Tiba di kelas mereka, rafi dan budi kelihatan kelelahan.

No comments:

Post a Comment

TERLAMBAT IKUT UPACARA BENDARA

UPACARA BENDERA Setiap hari senin pagi di setiap sekolah mengadakan upacara bendera yang harus di ikuti oleh semua murid,guru dan s...